Segala informasi menarik yang ada di Indonesia dan dunia.

animasi blog
Yao Ming - Rage Face Comics
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 08 Maret 2017

Tips-tips untuk menghadapi UN


Kali ini gua bakalan ngasih tips-tips untuk menghadapi un nih, tips ini gua dapetin dari sahabat gua, dia orang yang selalu menginspirasi gua dengan kata-kata nya yang beuh gak nahan😰😰  gua minta tips ini ke dia karena gua tahun ini juga akan menghadapi UN.

1. Yang pertama pastilah kita harus doa dan usaha, diutamakan doa dulu baru kita usaha, kalau dihitung dengan presentase 80% doa dan 20% usaha.

2. Selalu beribadah. Ini salah satu tips yang paling penting soalnya peran tuhan sangatlah besar untuk kehidupan kita, untuk yang muslim yang tadinya jarang sholat harus jadi rajin sholatnya yang tadi nya jarang puasa sunah harus lebih rajin puasa sunahnya, sebaiknya ini dilakukan jangan hanya ketika mau UN aja, kalo bisa ini menjadi kebiasaan baik yang kita lakukan, dan untuk agama selain muslim harus rajin ke tempat ibadah minta kepada tuhan agar dimudahkan mengerjakan soal UN nya, tetapi harus tetep diinget tips yang nomor 1 harus selalu ada usaha.

3. Jangan Sombong. Ilmu yang kita dapat selama sekolah jangan kita sombong-sombongin dan kita pamer-pamerin, karena ilmu yang kita dapat itu untuk kita bagikan kalau ada temen yang gak bisa kita bantu tapi bantunya jangan pas ulangan apalgi UN kita bantunya kalau kita ada pr atau kalau pengen persiapan ulangan, kalau kita saling berbagi kan kita juga dapet pahala yang nanti pahalanya inshaallah berguna pas UN, pokoknya selalu diberi kemudahan deh .

4. Bentuk belajar kelompok. Mungkin ini sih yang agak susah karena biasanya kalau kita bikin belajar kelompok lebih banyak mainnya daripada belajarnya, nah makanya kalau pengen belajar kelompok pilih teman-teman yang serius dan yang punya komitmen kalau dia ingin belajar bukan bermain.

5. Jangan merasa puas. Pokoknya kalau mau UN jangan merasa puas diawal, contoh nilai TO awal lu bagus lu jangan langsung puas dengan nialai TO lu, karena kalo lu langsung merasa puas lu bakalan jadi angkuh dan ngeremehin UN pokoknya itu jangan sampe terjadi, inget TO itu bukan akhir perjuangan lu tapi awal dari perjuangan jadikan TO sebagai tolak ukur kemampuan lu, kalau nilainya masih kurang harus di giatin lagi belajarnya, nah kalau udah bagus masih harus tetep belajar jangan sampai lengah.

6. Jangan pasrah sebelum berjuang. banyak nih yang kayak gini biasanya ini gara-gara hasil TO nya jelek jadi pasrah dah, harusnya jangan begitu liat tips yang no 5 jadikan TO sebagai tolak ukur inget TO bukan segalanya, nilai TO lu gak ngaruh sama nilai UN lu nanti, jadi harus tetep berjuang dan gak boleh patah semangat.

7. Konsisten dan harus manfaatin waktu dengan baik. Inget sama target, inget sama cita-cita lu, kenapa lu mau pilih sekolah ini atau sekolah itu? atau kenapa mau dapet nilai UN bagus? lu jangan jadiin waktu belajar lu itu "Minimalnya" berapa lama. Tapi jadiin waktu belajar lu itu rutinitas, prioritas, lu hanya yakin kalau belajar itu kebutuhan, kalo lu punya kebutuhan pasti gimana caranya akan lu penuhi kan?. Kalau lu tadinya sering banget main kurangin waktu main lu misalnya lu tadinya main setiap hari kurangin jadi seminggu 3 kali kalau bisa seminggu 1 kali walaupun lu mau UN lu harus tetep butuh main dan cari hiburan, jangan sampe lu mau UN dan lu jadinya gak main karena anak sekolah masih butuh buat main tapi lu harus tau kapasitas main lu berapa jam.

8. Semangat terus. Inget hal-hal yang bikin lu seneng dan bahagia karena dari seneng dan bahagia akan timbul rasa semangat, salah satu yang bisa bikin lu semangat ya temen-temen seperjuangan lu sekarang, saling dukung satu sama lain dan saling mendoakan, rasa semangat lu akan muncul dengan sendirinya.

9. Kalau punya pacar sekarang, ayo diputusin! masih kecil ngapain buang-buang waktu buat ngelakuin dosa?

10. Sosmed yang ga penting diapusin dulu, jujur sih ya ini buat gua pribadi agak berat ngelakuinnya tapi sahabat gua bilang hal-hal yang bisa ganggu fokus UN sebaiknya di jauhin, tapi kalau lu gakbisa untuk gabuka sosmed 1 hari aja jalan keluarnya ya lu harus bikin jadwal, dan nentuin berapa lama lu harus main somed dalam 1 hari mislnya 1 jam atau mungkin cuma 15 menit.

11. Saling minta maaf satu sama lain. Sama temen, sama orangtua, guru, dll, lunasin juga utang-utang lu wkwkwk. jangan sampe gagal fokus gara-gara pernah berantem tapi sampe sekarang belom maafan.

12. Minta ridho orangtua. Ridho orangtua juga ngaruh banget karena lu dari kecil diurusin sama orangtua makanya lu harus minta restu sama orangtua lu, jangan lupa bilang makasih juga ke guru-guru. Karena mereka orangtua lu di sekolah.

13. Serahin semua sama Tuhan. Setelah lu berjuang selama ini lu serahin semua hasilnya sama tuhan. Kalau yang muslim tawakal, yakin dan teguhin hati lu, bahwa keputusan Allah adalah yang terbaik. Dan harus yakin juga, takdir kita udah ditentuin. Gak ada tuh yang namanya rezeki ketuker, jodoh salah tempat, atau yang biasanya lu bilang kebetulan. Semuanya itu udah ditetapin.  


Nah, itu dia tips-tips UN dari sahabat gua, semoga yang UN tahun ini diberikan kelancaran dan kemudahan dan juga mendapatkan nilai yang memuaskan, Aamiin.

BERJUANG MENUJU KESUKSESAN😀😊💗

1 komentar: